Selasa, 25 Desember 2012

Ingar bingar demokrasi UNIMED

Kampus gw baru aja ngadain PEMIRA singkatan dari pemilihan raya. semacam pemilu gitu, milih anggota senat mahasiswa. Senat mahasiswa unimed itu tak ubahnya sebuah miniatur pemerintahan. Seperti yang dosen Pkn gw (pak Nababan) bilang, kampus ini adalah contoh konkret demokrasi sedang berjalan. Sebelumnya gw akan kasih tau dulu apa itu senat mahasiswa atau sering disingkat dengan SEMA. SEMA itu setara dengan BEM kalau dikampus2 lain. Bedanya, SEMA ini selalu pro terhadap birokrasi. Jadi gak akan deh kalian temuin yang namanya demo besar-besaran di Unimed. Paling banter juga demo turunin harga siomay.

Gw, si ganteng dari tanah sebrang, ikutan nyalon jadi anggota sema. Alasannya sih simpel aja. Gw gak suka aspirasi temen-temen gw cuman jadi angin lalu aja. Karena yang terjadi selama ini adalah kalo bukan konco2 mereka yang berbicara, omongan lo gak akan didengar. Jadi gw bisa tau, kenapa sih begini kenapa sih begitu. Gw didukung 100% oleh bang eko dan bang teguh. Nama pertama adalah sekjen bidang external sema periode 2012. Jadi ini bisa dikatakan pengkaderan juga. Gw sih pertamanya kaga pede: rambut gondrong rocker gagal, selalu pake kaos oblong, sepatu dipijak, muka berantakan, dan kerusakan-kerusakan yang lain. Tapi berkat rahmat Allah yang maha kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, maka gw resmi mencalonkan diri.

Inilah poster kampanye gw yg gak jadi ditempelin
Tahap verifikasi lulus, saatnya gw lanjut pada tahap kampanye. Dua kepala tim sukses gw sering berdebat soal strategi kampanye gw. Bang eko yang sangar-sangar hello kitty menyuruh gw berpakaian rapi ala bos-bos pilm india. Beliau sangat menekankan pentingnya proses dalam suatu pekerjaan. Sedangkan bang teguh menyarankan gw agar gak terlalu lebay berubahnya, Cukup pake kemeja aja, sepatu tetep diinjek. Gw dilema abis antara saran bang eko atau bang teguh.. gw galau. Mereka berdua sama2 cute, ganteng, berwibawa lagi.. Gw bingung milih siapa... 

Satu lagi, bang eko nyuruh gw bikin poster. Begitu gw bikin dan gw print, bang teguh marah-marah, "ngappain kw buat kek-kek gini??? bukannya bagus, malah diketawain kw nanti dra..." ucapnya dengan logat  karo yang kental, sekental susu kental manis.

Singkat cerita, gw menang posisi 2 dibawah temen gw dari sastra inggris B yaitu irwan dengan selisih 2 suara. Sedangkan posisi 3 diisi utusan dari bahasa indonesia yaitu rudiansyah siregar (yg nantinya bakalan jadi temen baik gw), dan posisi 4 anak bahasa indo juga, si Gultom.

Sekarang gw lagi sibuk-sibuknya bantuin si Rudi buat naik jadi presiden mahasiswa. Walaupun yang gw bantu cuma sekedar doa (dan gak makbul pula) tapi dari dasar hati gw yang paling dalam, gw pengen banget turut berperan nyata, bukan heboh cuma pas nyari jabatan aja, tapi juga nanti pas udah menjabat, Kayak si Jokowi-Ahok. Intinya gw pengen mengamankan aspirasi mahasiswa, bukan menghianatinya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan komentar, tapi yang sopan ya... cukuplah kami aja manusia kurang sopan,, wkwkwk